Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Boros

Apakah kalian merasakan baterai ponsel kamu manjadi semakin boros? Pastinya ini menjadi hal yang sangat menyebalkan, tapi tenang disini kami akan memberi kalian info penyebab baterai hp menjadi boros dan juga cara mengatasinya.

Baterai ponsel yang boros memang membuat rasa ingin ganti hp baru meningkat. Hal Ini akan mengganggu kita, apalagi jika ada perjalanan jauh di depan, pasti akan menguras baterai. Tentu saja, ini akan memaksa pengguna untuk membawa pengisi daya atau powerbank agar dapat segera mengisi daya baterai.

Penyebab Baterai HP Boros dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Boros

Ternyata ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan baterai ponsel Anda terkuras. Bisa jadi karena aplikasi ponsel secara diam-diam menguras baterai, atau bisa juga karena Wi-Fi belum dimatikan.

Mengingat pentingnya ponsel dalam menunjang aktivitas sehari-hari, tentunya perlu segera membuang ponsel dengan baterai mati guna meningkatkan fungsi ponsel untuk komunikasi.

Penyebab Baterai HP Boros

Seringkali penggunaan ponsel melebihi batas wajar. Misalnya membuka beberapa aplikasi sekaligus. Ini menurunkan kinerja telepon, menyebabkan baterai terkuras. Lalu bisa juga karena lampu latar ponsel yang terlalu terang. Biasanya, untuk melihat layar ponsel dengan lebih baik, kontras cahaya dijelaskan.

Namun perlu diketahui bahwa menggunakan kontras yang terlalu terang dapat dengan cepat menguras baterai Anda. Menggunakan pengisi daya yang tidak kompatibel dengan ponsel jenis ini akan memengaruhi masa pakai baterai.

Pasalnya, pengisian daya tidak akan bekerja maksimal, yang tentunya membuat baterai lebih mudah terkuras. Jika Anda seorang pecinta game, jangan gunakan ponsel Anda untuk terus-menerus bermain game online.

Bekerja di ponsel Anda bisa jadi sulit dan menguras baterai Anda dengan cepat. Pasalnya, grafis game dan aksi animasi tingkat tinggi membutuhkan banyak daya baterai. Tidak mengherankan, saat Anda menggunakan ponsel untuk bermain game dalam waktu lama, ponsel cepat panas dan baterai cepat habis. Parahnya, baterai akan mati.

Bahkan jika notifikasi datang, baterai ponsel Anda terbuang percuma, sebaiknya matikan lampu notifikasi untuk menghemat lebih banyak daya. Penggunaan GPS, NFC, dan Bluetooth juga dapat memengaruhi masa pakai baterai ponsel Anda. Untuk itu, jika Anda telah selesai menggunakan koneksi, segera tutup agar baterai tidak mudah jatuh.

Cara Mengatasi Baterai Boros

Jika Anda tahu mengapa baterai Anda cepat habis, maka inilah saatnya untuk mencari tahu cara mengatasinya. Namun sebelum menyelesaikan masalah utama, tentunya Anda perlu mengetahui sumber masalahnya, seperti yang telah disebutkan di atas.

Sesuaikan dan Kurangi Kontras

Jika masalahnya ada pada sistem pencahayaan, itu membuat kontras menjadi lebih gelap. Juga, atur ke getar, yang bisa menjadi sumber masalahnya. Misalnya, jangan gunakan wallpaper hidup dengan mengatur batas waktu layar dan hindari menggunakan ponsel yang terkena suhu tinggi. Solusi manajemen baterai ponsel Anda dapat diterapkan untuk memaksimalkan masa pakai baterai yang dapat bertahan lama.

Nonaktifkan Fitur Aktif

Jika sumbernya adalah fungsi telepon, segera nonaktifkan, seperti GPS, WiFi, Bluetooth. Sebaiknya nyalakan saat Anda membutuhkannya untuk menghindari baterai terkuras. Jika ada fitur lain, pilih untuk menggunakannya untuk mengurangi konsumsi baterai.

Gunakan Mode Gelap

Hampir setiap tipe ponsel kini memiliki fitur dark mode. Untuk menghemat lebih banyak baterai, Anda dapat menggunakan mode ini. Apalagi jika layarnya OLED, Anda bisa mengaktifkan mode gelap. Karena panel OLED tidak perlu mematikan piksel untuk menjadi hitam.

Batasi Penggunaan Aplikasi

Banyak orang tidak tahu apakah menekan tombol beranda saja sudah cukup untuk keluar dari aplikasi, tetapi anggapan itu salah. Karena jika ya, aplikasi masih berjalan di latar belakang.

Untuk melakukan ini, keluar dari aplikasi dengan cara yang sesuai. Anda juga dapat melakukan ini dengan menghapus aplikasi yang sedang berjalan di bagian Item Terbaru. Atau, Anda dapat menggunakan fitur Pengaturan agar aplikasi tidak berjalan di latar belakang.

Hapus Beberapa Aplikasi

Banyak aplikasi memiliki bug dan masalah lain yang mencegah aplikasi berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantauan penggunaan baterai pada setiap aplikasi.

Ini dapat dilakukan dengan menggunakan menu pengaturan. Jika Anda sudah mengetahui aplikasi yang menguras baterai ponsel Anda, Anda dapat menghentikan atau mencopotnya sekarang juga.

Kalibrasi Baterai Hp

Apakah kalian sebelumnya sudah tau dengan apa itu Kalibrasi Baterai Hp? nah hal ini sebenarnya penting untuk kamu ketahui.

Dengan melakukan Kalibrasi Baterai Hp, ini dapat membuat baterai kembali menjadi pulih seperti baterai baru lagi.

Untuk melakukannya, kalian cukup gunakan ponsel kalian hingga baterainya habis total dan sampai mati, selanjutkan diamkan selama 1 jam.

Setelah itu lakukan pengisian baterai hingga 100% tanpa menghidupkan baterai, dan jangan sambil digunakan. Setelah itu kalian rasakan perbedaannya.

Nah itulah informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Boros versi dari rspj.co.id yang udah kami tulis saat ini. Silahkan kalian coba dan semoga membantu ya.

Lihat juga: