Cara Mengatasi Laptop Hang atau Blue Screen dengan Mudah

Laptop yang lemot, hang, not responding memang membuat siapa saja menjadi kesal dan marah-marah, tapi tenang saja gaes, disini kami akan membagikan tips Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Mudah dan Cepat pada laptop atau pc kalian.

Laptop bisa rusak kapan saja, di mana saja. Secara umum, laptop mengalami kerusakan awal, yaitu lemot atau menjadi tidak responsif. Masalah ini pasti akan sangat merusak aktivitas menggunakan laptop.

Apalagi jika Anda kesulitan menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Hal ini tentu saja akan mengganggu pekerjaan Anda. Jadi, Anda perlu memahami mengapa laptop Anda membeku dan bagaimana cara memperbaikinya agar tidak memperpanjang masalah.

Cara cepat dan mudah menghilangkan laptop Hang atau Ngelag

Cara Mengatasi Laptop Hang

Anda perlu memahami mengapa laptop Anda sering hang agar Anda dapat mengatasinya dengan lebih mudah dan cepat. Laptop beku bisa terjadi kapan saja. Saat laptop hang, akan muncul pesan yang menyatakan bahwa laptop tidak merespons. Hal lain yang bisa terjadi adalah kursor tiba-tiba macet dan tidak bisa bergerak. Bahkan layar laptop kosong yang sudah tidak bisa digunakan lagi.

Faktor-faktor yang menyebabkan laptop Hang

Berikut adalah beberapa alasan mengapa laptop Anda hang:

Memori Ram Rendah

Pada laptop dengan RAM lebih kecil, aplikasi besar tidak boleh digunakan. Hal ini akan menyebabkan perangkat menjadi sangat berat saat aplikasi sedang berjalan. Karena itu, sebelum menginstal aplikasi, Anda harus mengetahui spesifikasi minimum perangkat.

File File Temporary Terlalu Banyak

Ini adalah salah satu alasan mengapa laptop membeku. Disarankan agar Anda selalu memeriksa file yang telah disimpan dalam memori notebook untuk jangka waktu yang cukup. Anda kemudian dapat membersihkannya agar tidak membeku di laptop Anda.

Terlalu Banyak Aplikasi

Bagi orang yang suka menginstal berbagai aplikasi di perangkat mereka, ini dapat menyebabkan hard drive penuh. Ini, tentu saja, memperlambat laptop dan menyebabkannya membeku. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menginstal aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan agar hardisk Anda tidak cepat penuh.

Hardware Terlalu Panas

Hal ini dapat terjadi pada harddisk, CPU, VGA card, dan CPU. Secara umum, masalah ini dapat membuat laptop stres, menyebabkan kinerja laptop melambat, yang dapat menyebabkan laptop macet. Jadi pastikan suhu perangkat stabil. Anda bisa mendapatkan aliran udara yang cukup dan bekerja dengan baik dengan menggunakan kipas laptop khusus pada CPU.

Adanya Malware Atau Spyware Virus

Intervensi virus di laptop adalah kejadian umum yang dapat mempengaruhi pengoperasian perangkat. Virus komputer dapat menyerang dari mana saja, dari Internet atau dari mana saja. Untuk mencegah virus masuk ke laptop Anda, Anda dapat menggunakan perangkat lunak antivirus di perangkat Anda.

Cara mengatasi laptop Hang, Lag, Lemot atau Not Responding

Cara mengatasi laptop Hang, Lag, Lemot atau Not Responding

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki masalah laptop hang:

Hentikan Program Berjalan

Ini adalah cara termudah untuk memperbaiki kerusakan perangkat lunak yang disebabkan oleh RAM penuh. Anda dapat melakukannya dengan menekan Ctrl+ALT+Del. Selanjutnya, pilih Pengelola Tugas. Jika sudah masuk ke task manager, Anda bisa mencari program yang memperlambat laptop Anda. Kemudian pilih software yang paling banyak memakan RAM dan klik End Program.

Masuk Ke Save Mode

Anda dapat dengan mudah masuk ke safe mode dengan terlebih dahulu mematikan laptop. Masuk ke Safe Mode dan Anda akan masuk ke sistem operasi Windows dasar. Ini berarti bahwa semua perangkat pihak ketiga dan jenis perangkat lunak lainnya tidak dapat digunakan.

Untuk masuk ke safe mode, Anda perlu menyalakan laptop dan tekan F8. Setiap laptop memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke Safe Mode. Hanya metode input yang berbeda, Anda dapat menggunakan tombol dari F1 hingga F12.

Matikan Paksa Laptop

Hal lain yang dapat Anda lakukan jika laptop Anda membeku dan tidak merespons sama sekali adalah mematikan perangkat secara paksa. Anda cukup menekan tombol power pada laptop sampai laptop mati. Anda kemudian dapat me-restart laptop sampai dapat dihidupkan. Cara ini sangat tidak disarankan kecuali Anda perlu menggunakan cara ini dalam keadaan darurat.

Ada cara lain untuk mengatasi laptop beku yang sangat efektif. Sebelum menggunakan cara-cara tersebut, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengapa laptop Anda ngehang. Hanya dengan begitu masalah dapat diselesaikan dengan benar.

Lihat juga:

Leave a Comment